UPAYA PEMANFAATAN POTENSI RADIO 'BROADCASTING'

Ki Supriyoko

Abstract


       Barangkali agak aneh, tetapi memang nyata. Mata pelajaran Matematika oleh sementara siswa di negara kita dianggap sebagai "momok" yang cukup menakutkan. Meskipun secara teratur diadakan tatap muka (session) antara pembimbing kegiatan 'extra course', tetapi kesan Matematika sebagai pelajaran yang rumit tetap sulit dihilangkan.

       Beberapa siswa sekolah menengah (serta mahasiswa) pernah berkomunikasi dengan saya;  mereka ingin belajar komputer (menjadi operator, programmer atau analyst), tetapi terpaksa menunda keinginannya karena merasa tidak mampu "menguasai" Matematika secara baik.


       Matematika memang bukan syarat mutlak bagi seseorang untuk untuk belajar komputer,  karena si "logic machine" ini lebih menuntut alur berfikir logis dari pada matematis. Meskipun demikian dari keluhan mereka jelas dapat ditangkap kesan bahwa Matematika telah dianggap sebagai "barang" yang rumit.

       Sekolah-sekolah di negara kita serta berbagai lembaga non-formal lainnya, seperti kursus-kursus pendidikan, sesungguhnya telah mengalokasikan waktu yang cukup memadai untuk mengadakan tatap muka langsung antara pembimbing dengan siswa guna mempelajari Matematika.Tetapi, kesan "kerumitan" Matematika tetap saja nampak. Formula, postulat, aksioma atau theorema-theorema yang sebenarnya sangat menarik untuk dipelajari, kadang-kadang justru berubah menjadi sesuatu yang menakutkan.


Full Text:

PDF
Amikom Web Archives