PRIVAT LES DAN BIMBINGAN TES SEBUAH TINJAUAN SOSIOEDUKATIS

Ki Supriyoko

Abstract


Berangkat dari rasa kurang puas terhadap pelajaran yang didapat melalui sekolahnya maka seorang siswa SMTA kemudian mengikuti kegiatan bimbingan tes dengan sepercik harapan agar mendapatkan materi praktis demi mempertahankan kontinuitas studinya pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Beberapa alasan telah dikemukakan oleh siswa tersebut kenapa dia sampai mengikuti kegiatan bimbingan tes diantaranya ialah waktu tatap muka di dalam kelas dirasakan relatif pendek sehingga gurunya hanya menyampaikan materi pelajaran secara garis besar saja, belajar di kelas dirasa kurang efektif karena kuantitas siswa yang terlalu besar, perlunya 'penyegaran' kembali terhadap materi pelajaran yang telah diberikan oleh gurunya dsb.

Lain lagi dengan apa yang dialami oleh seorang siswi SMTP, dia merasa 'aikyu'nya rendah sehingga sulit menerima pesan yang diberikan oleh gurunya di kelas, maka kemudia orang tuanya mendatangkan guru privat (private teacher) di rumah bagi putri tercintanya.

Alasannya cukup rasional ialah untuk meningkatkan kemampuan intelektual putranya yang beraikyu sedang-sedang saja.

Full Text:

PDF
Amikom Web Archives