KEBIJAKAN "BROAD-BASED EDUCATION"

Ki Supriyoko

Abstract


       Sesuai dengan sifat pendidikan yang tidak pernah ada batas akhirnya, 'never ending process', problematika pendidikan nasional Indonesia ternyata tak pernah selesai.  Hari demi hari problematika pendidikan Indonesia tidak semakin sederhana  akan tetapi terkesan justru makin kompleks.  Problematika yang satu belum terselesaikan dengan tuntas  sudah menyusul  problematika lain  yang terkadang lebih kompleks. Problematika demi problematika hadir susul menyu-sul dan datang silih berganti;  seolah-olah pendidikan nasional kita penuh dengan problematika.

 

       Dalam beberapa tahun terakhir ini, sampai hari ini,  kondisi pendidikan nasional Indonesia memang suram.  Efisiensi pendidikan tidak maksimal, produktivitas pendidikan kurang optimal, dan mutu pendidikan sangat rendah.

 

       Sebuah paradigma baru  sangat diperlukan  untuk mengatasi berbagai kompleksitas problematika tersebut.  Kebijakan demi kebi-jakan telah diformulasi dan dioperasionalisasikan;  namun demikian hasilnya masih jauh dari kata memuaskan. 

 

       Hari ini Depdiknas telah memformulasi konsep "Broad-Based Education" (BBE) yang di dalam beberapa waktu mendatang sepertinya akan segera dijalankan oleh pemerintah.  Lebih daripada itu pemerintah bahkan telah memformulasi  bentuk-bentuk lembaga pendidikan yang akan dikembangkan di masa datang dengan mengacu pada konsep BBE.  Artinya, BBE tidak sebatas konsep akan tetapi nantinya akan menjadi suatu kebijakan nasional.


Full Text:

PDF
Amikom Web Archives