KEBIJAKAN "BROAD-BASED EDUCATION"
Abstract
Sesuai dengan sifat pendidikan yang tidak pernah ada batas akhirnya, 'never ending process', problematika pendidikan nasional Indonesia ternyata tak pernah selesai. Hari demi hari problematika pendidikan Indonesia tidak semakin sederhana akan tetapi terkesan justru makin kompleks. Problematika yang satu belum terselesaikan dengan tuntas sudah menyusul problematika lain yang terkadang lebih kompleks. Problematika demi problematika hadir susul menyu-sul dan datang silih berganti; seolah-olah pendidikan nasional kita penuh dengan problematika.
Dalam beberapa tahun terakhir ini, sampai hari ini, kondisi pendidikan nasional Indonesia memang suram. Efisiensi pendidikan tidak maksimal, produktivitas pendidikan kurang optimal, dan mutu pendidikan sangat rendah.
Sebuah paradigma baru sangat diperlukan untuk mengatasi berbagai kompleksitas problematika tersebut. Kebijakan demi kebi-jakan telah diformulasi dan dioperasionalisasikan; namun demikian hasilnya masih jauh dari kata memuaskan.
Hari ini Depdiknas telah memformulasi konsep "Broad-Based Education" (BBE) yang di dalam beberapa waktu mendatang sepertinya akan segera dijalankan oleh pemerintah. Lebih daripada itu pemerintah bahkan telah memformulasi bentuk-bentuk lembaga pendidikan yang akan dikembangkan di masa datang dengan mengacu pada konsep BBE. Artinya, BBE tidak sebatas konsep akan tetapi nantinya akan menjadi suatu kebijakan nasional.