KENDALA MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH
Abstract
Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) yang diterjemahkan dari konsep aslinya, School-Based Management, merupakan terminologi yang populer di masyarakat khususnya masyarakat pendidikan. Istilah ini sering diper-bincangkan para guru, kepala sekolah, pengawas, eksponen pendidikan, dan tokoh masyarakat. MBS menjadi pembicaraan dalam berbagai perte-muan insan pendidikan, khususnya insan pendidikan yang bergerak dalam dunia pendidikan formal.
Keadaan itu terjadi karena MBS menjadi kebijakan pemerintah dalam upaya memajukan pendidikan di Indonesia. Dengan diberlakukannya MBS yang sudah diuji di berbagai negara maju diharapkan terjadi kemajuan yang signifikan dalam pelaksanaan pendidikan nasional sehingga menghasilkan kinerja yang membanggakan.
Tetapi, pembicaraan tentang MBS sekarang sudah cenderung "over estimate"; seolah-olah MBS merupakan manajemen sekolah yang paling sempurna, tidak ada jenis manajemen lain yang lebih baik daripada MBS; dan bila sekolah menjalankan MBS dijamin keberhasilannya, oleh karena itu manajemen jenis ini diwajibkan bagi sekolah-sekolah kita. Padahal sebagaimana dengan sistem manajemen sekolah lainnya, MBS memiliki karakteristik dan kelemahan. Di Indonesia bahkan ada kendala potensial untuk menjalankan MBS.