DETERMINAN MUTU PENDIDIKAN DASAR DI INDONESIA

Ki Supriyoko

Abstract


Faktor atau determinan apa saja yang berpengaruh terhadap mutu pendidikan dasar, utamanya SD, di Indonesia? Sejauhmanakah pengaruh faktor guru dalam mutu pendidikan dasar tersebut?

 

Apabila pertanyaan tersebut disampaikan kepada para pendidik kira-kira jawabnya di sekitar sarana pendidikan, fasilitas belajar, kemampuan guru, bimbingan orang tua, dan sejenisnya. Demikian pula kalau pertanyaan tersebut disampaikan kepada para pengelola pendidikan umumnya seperti pegawai dinas pendidikan, pengurus yayasan pendidikan, pegawai sekolah, dsb. Jawaban atas pertanyaan tersebut kiranya hampir sama dengan jawaban pendidik. Hampir dapat dipastikan jarang di antara mereka yang menjawab dengan hal-hal yang berskala internasional seperti krisis ekonomi, mere-baknya teknologi informasi, gaya kepemimpinan presiden, dan sejenisnya.

 

          Namun demikian ternyata hal itu berbeda kalau dalam menjawab pertanyaan tersebut digunakan pendekatan Future Search Conference (FSC), sebuah pendekatan baru di Indonesia. Bahkan di negara tempat metode ini dikembangkan, yaitu Amerika Serikat, termasuk baru pula.


Full Text:

PDF
Amikom Web Archives