PARADOKS PENDIDIKAN TEKNIK

KI SUPRIYOKO

Abstract


Baru saja saya memberikan presentasi dalam sebuah seminar nasional pendidikan bersama beberapa rektor, diantaranya Djoko Santoso (ITB), Gumilar Rosliwa Somantri (UI), Ganjar Kurnia (Unpad), dan Sunaryo Kartadinata (UPI Bandung).

 

       Ketika sedang berbicara tentang pendidikan teknik, para peserta semi-nar pun sempat terperangah karena ternyata pembangunan di negara kita memerlukan aplikasi teknologi yang beraneka ragam namun pemanfaatan mesin, peralatan, dan temuan teknologi lain dari pendidikan teknik kita masih jauh dari maksimal; bahkan cenderung disisihkan.

 

       Permasalahan lain muncul: penyelenggaraan pendidikan teknik (satuan pendidikan tinggi) kita masih terbatas jumlahnya, itu pun masih terkon-sentrasi di Pulau Jawa seperti di UI, ITB, UGM dan ITS; padahal kebutuhan atas aplikasi teknologi untuk pembangunan di luar Jawa justru lebih bera-gam dan mendesak.

Full Text:

PDF
Amikom Web Archives