MENCOBA LAGI

Mohammad Suyanto

Abstract


 Perbedaan orang yang sukses dan yang gagal terletak pada cara menyikapi terhadap kegagalan. Salah satunya cara yang dilakukan oleh orang yang berhasil adalah berani mencoba lagi setiap kegagalan yang dialami. Andaikan Philip Reis mencoba sekali lagi maka penemu telpon itu bukan Alexander Graham Bell, yang sudah kita kenal. Philip Reis adalah penemu bahwa not dan nada musik dapat lewat dawai. Andaikan ia mencoba sekali lagi, bahwa suara juga dapat lewat dawai maka ia akan dinobatkan sebagai penemu telpon dan menjadi terkenal seperti Alexander Graham Bell.

Pengalaman saya mengajarkan tentang mencoba lagi setelah gagal atau memperoleh hasil tidak sesuai dengan yang kita inginkan. Ketika saya mencoba untuk menerbitkan buku yang saya harapkan dapat didistribusikan secara nasional, yang berjudul Strategi Perikalanan pada E-Commerce Perusahaan Top Dunia, tidak mudah saya mendapatkan penerbit yang mau menerbitkan buku saya. Saya memang sengaja untuk  mencari penerbit besar dan mempunyai kemampuan distribusi yang baik secara nasional. Beberapa penerbit dari Jakarta maupun Jogja menolak buku saya tersebut. Ada yang tidak memberi jawaban sama sekali, bahkan utnuk bertemu pimpinannya tidak bisa dengan alasan sibuk. Ada yang mengatakan bahwa “Kami mohon maaf belum dapat menerbit Buku Anda, karena buku Anda menurut kami belum sesuai dengan apa yang kami inginkan, barangkali Anda mempunyai buku yang lain”. Penerbit lain menjawab bahwa “Buku Anda judulnya serupa dengan buku yang telah kami terbitkan, sehingga mohon maaf belum bisa menerbitkan”. Surat-demi surat penolakan harus saya terima.  Saya bersyukur kepada Allah, mempunyai anak yang ketika itu duduk di kelas satu SMP, menghibur saya “Bapak jangan putus asa. Chicken Soup of Soul itu Pak, ditolak 36 kali”. Istri saya juga mendorong saya untuk mencoba lagi. Saya harus mencoba lagi untuk menawarkan buku saya kepada penerbit. Saya mendapat surat lagi, saya gemetar, karena telah ditolak berkali-kali. Surat saya sobek sampul pinggirnya, sambil berdoa sebentar kemudian saya tarik isi surat itu dan kemudia say abaca. Buku Anda akan kami terbitkan, itulah kata yang membua saya haru. Penerbit yang terakhir adalah PT. Andi Yogyakarta.  Saat ini buku saya telah diterbitkan sebanyak 9 buah, 6 diantara menjadi buku Best Seller, yaitu Strategi Periklanan Pada E-Commerce Perusahaan Top Dunia, Multimedia alat untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing, Analisis dan desain aplikasi multimedia untuk pemasaran, Aplikasi desain grafis untuk periklanan, SMART IN Entrepreneur dan SMART IN Leadership. Kabar terakhir buku saya yang berjudul Strategi Perancangan Iklan Televisi Perusahaan Top Dunia juga Bess Seller di Toko Buku Gramedia Bandung, Surabaya dan Jakarta. Kesemuanya dimulai dari ditolak lebih dahulu dan kita harus mencoba lagi.

 


Amikom Web Archives