Eksistensi Aplikasi Keagamaan sebagai Media Informasi Umat (Studi Difusi Inovasi pada Aplikasi Masjidku)

Thalitha Sacharissa Rosyiidiani, Rachmat Baihaki, Ahya Hasyim

Abstract


Masjidku merupakan inisiatif pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi melalui pengembangan aplikasi dan produk lainnya sebagai media informasi bagi masjid dan umat Islam. Artikel ini membahas tentang elemen inovasi yang ada pada aplikasi masjidku dengan menggunakan teori difusi inovasi dari Everett M. Rogers. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus intrinsik dengan metode penelitian kualitatif. Dari hasil penelitian ini disimpulkan terdapat empat tahapan proses difusi inovasi yang dilakukan yaitu inovasi, saluran komunikasi, jangka waktu, dan sasaran sistem sosial. Temuan penelitian menyatakan bahwa sosialisasi aplikasi Masjidku ditemukan beberapa kendala. Salah satunya sosialiasi pada takmir Masjid atau Mushala berasal dari kalangan yang masih jauh dengan teknologi.

Full Text:

Untitled


DOI: https://doi.org/10.24076/PIKMA.2019v1i2.5537

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Alamat redaksi :
Universitas AMIKOM Yogyakarta
Jl. Padjadjaran (Ringroad Utara), Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta.