Author Guidelines

  1. Naskah yang diserahkan kepada redaksi Nation State: Journal of International Studies (NSJIS) merupakan tulisan yang belum pernah dipublikasikan di media publikasi manapun dan tidak dikirimkan pada media publikasi lainnya secara bersamaan disertai dengan surat pernyataan belum publikasi, curriculum vitae, email dan alamat lembaga untuk keperluan korespondensi;
  2. Penulis bertanggung jawab penuh atas keseluruhan isi naskah yang dikirim ke redaksi NSJIS;
  3. Naskah yang diserahkan kepada NSJIS hendaknya relevan dengan tema hubungan internasional atau ruang lingkup jurnal, baik dalam bahasa Indonesia maupun Inggris. Kriteria naskah diutamakan bersumber dari hasil penelitian dan/atau ide pemikiran dengan panjang antara 10 - 25 halaman A4 spasi 1 menggunakan huruf Garamond 14 pts;
  4. Semua naskah yang diserahkan kepada NSJIS akan ditinjau secara anonim oleh mitra bestari (reviewer) yang telah ditunjuk oleh dewan penyunting sesuai dengan tema tulisan dan bidang kompetensi mitra bestari. Penulis diberi kesempatan untuk memperbaiki naskah atas dasar rekomendasi/saran dari mitra bestari. Keputusan pemuatan dan penolakan naskah diberitahukan oleh dewan redaksi melalui surat elektronik (email).
  5. Redaksi berhak untuk melakukan penyuntingan naskah proses penyuntingan tanpa mengubah susbtansi dan pokok pikiran penulis;
  6. Naskah yang telah diterima oleh redaksi dan tidak layak publikasi tidak akan dikembalikan kepada penulis;
  7. Penulis yang naskahnya dimuat dan dipublikasikan berhak mendapatkan satu eksemplar jurnal ini;
  8. Nama penulis dicantumkan tanpa gelar akademik menggunakan huruf Garamond 14 pts cetak tebal dan ditempatkan di bawah judul artikel disertai dengan alamat surat elektronik. Jika penulis lebih dari dua orang, yang dicantumkan di bawah judul artikel adalah nama penulis utama diikuti dengan nama penulis berikutnya. Selama proses penyuntingan dan peninjauan, redaksi hanya akan menghubungi penulis pertama;
  9. Judul artikel diletakan pada bagian tengah dengan huruf besar kecil menggunakan jenis huruf Garamond 16 pts. Pendahuluan disajikan tanpa judul bagian, cetak tebal dan huruf besar 14 pts. Penulisan judul bagian ditulis menggunakan huruf kapital dengan cetak tebal tepi kiri dan tidak disertai dengan angka. Sub judul pada judul bagian ditulis dengan huruf kapital tanpa cetak tebal.
  10. Abstrak ditulis menggunakan jenis huruf yang sama dengan ukuran 12 pts cetak miring (italic). Bagian pendahuluan sampai dengan kesimpulan menggunakan jenis huruf yang sama dengan ukuran 14 pts;
  11. Naskah dapat dikirim melalui NSJIS Online Jurnal System di alamat https://journal.amikom.ac.id/index.php/nationstate/user/register dengan cara melakukan registrasi terlebih dahulu atau jika sudah terdaftar dapat langsung masuk pada halaman https://journal.amikom.ac.id/index.php/nationstate/login atau atau melalui email journalnationstate@amikom.ac.iddalam bentuk Microsoft Word;
  12. Struktur penulisan naskah berupa ide pemikiran atau non-penelitian terdiri dari:
    • Judul
    • Nama penulis (tanpa gelar akademik)
    • Institusi disertai dengan email institusi
    • Abstrak ditulis dalam dua bahasa (Inggris dan Indonesia) maksimal 200 kata
    • Kata Kunci/Keywords
    • Pendahuluan/Introduction
    • Pembahasan/Analisis/Diskusi
    • Kesimpulan/Conclusion
    • Referensi/Reference
  13. Struktur penulisan hasil penelitian mengikuti format sebagai berikut:
    • Judul
    • Nama penulis (tanpa gelar akademik)
    • Institusi disertai dengan email institusi
    • Abstrak ditulis dalam dua bahasa (Inggris dan Indonesia) maksimal 200 kata
    • Kata kunci/Keywords
    • Pendahuluan/Introduction
    • Tinjauan pustaka/Metode/Kerangka Teoritik
    • Hasil dan Pembahasan/Result and Analysis
    • Kesimpulan/Conclusion
    • Referensi/Reference
  14. Penulisan kutipan menggunakan teknik rujukan berkurung (nama penulis, tahun) dengan mengikuti tata cara sebagai berikut: 
    • Jika rujukan berupa kutipan langsung hendaknya disertai dengan nomor halaman sumber kutipan pada akhir kalimat, misal: …. (Held, 2008, 34).
    • Jika kalimat bukan kutipan langsung, cantumkan nama penulis dan tahun pada akhir kalimat disertai tanda kurung, misal: …(Mouffe 2005)
    • Jika mengutip suatu pendapat lebih dari satu orang pada terbitan yang sama, cantumkan nama pengarang secara berurutan disertai dengan nama penulis dan tahun dalam tanda kurung, misal: ….(Laclau dan Mouffe, 2001) atau Laclau dan Mouffe (2001) menyatakan…
    • Jika terdapat kutipan dalam kutipan hendaknya penulis mengacu pendapat utama, missal: …(Armstrong dikutip Feffer, 2006, 11-13)
    • Jika tahun terbit tidak diketahui hendaknya mencantumkan nama penulis diikuti dengan “t.t” yang berarti tanpa tahun, misal: …Smith (t.t) atau (Smith, t.t)
    • Jika nama penulis tidak diketahui, cantumkan judul artikel pada tubuh kalimat dengan tanda kutip, misal: Dalam artikel “Weak States” (1996) dinyatakan bahwa…
    • Jika mengutip pendapat dari penulis yang sama namun diterbitkan pada tahun berbeda, cantumkan nama pengarang disertai tahun publikasi sesuai urutan awal publikasi, misal: Gill (2008, 2015)
  15. Daftar pustaka/referensi sedapat mungkin bersumber dari pustaka 10 tahun terakhir, diutamakan sumber primer maupun artikel dalam bentuk jurnal (cetak atau elektronik). Nama pengarang pada daftar pustaka/referensi diurutkan secara alfabetik nama belakang pengarang menggunakan huruf  Garamond 12 pts spasi 1 dan mengikuti tata cara sebagai berikut:

Buku dengan satu penulis (print):

George, Jim. (1994) Discourse of Global Politics: A Critical (Re) Introduction to International Relations. USA: Lynne Rienner Pubisher.

E-Book

Weber, Cynthia. (2014) International Relations Theory: A Critical Introduction 4th Edition (e-book). London & New York: Routledge. Available at: https://books.google.co.id/books?id=vzsVAgAAQBAJ&printsec=frontcover&source=gbs_ge_summary_r&cad=0#v=onepage&q&f=false (Accessed: 2 January 2019).

Buku hasil penyuntingan:

Gill, Stephen (ed). (2015) Critical Perspectives on the Crisis of Global Governance: Reimagining the Future. United Kingdom: Palgrave Macmillan.

Artikel dalam buku penyuntingan:

Zizek, Slavoj. (1994) Identity and Its Vicissitudes: Hegel's 'Logic of Essence' as a Theory of Ideology dalam Ernesto Laclau (ed). The Making of Political Identities. London & New York: Verso.

Artikel dalam Jurnal/Majalah (Print):
Brown, Wendy. (2006) "American Nightmare: Neoliberalism, Neoconservatism, and De-Democratization."Journal of Political Theory, Vol. 34, No. 6.

Haryatmoko. (2002) "Kekuasaan Melahirkan Anti-Kekuasaan: Menelanjangi Mekanisme dan Teknik Kekuasaan Bersama Foucault." Majalah Basis, Nomor 01-02, tahun ke-51, Januari – Februari.

Artikel Koran dengan-atau tanpa Pengarang:
Hiariej, Eric. (2 November 2008) Terorisme dan Individualisasi Perang, Kompas, hlm. 6.

Kompas. (14 November 2008) Korea Utara Semakin Mengisolasi Diri, hlm. 9. 

Buku Terjemahan:

Snyder, Jack. (2003) Dari Pemungutan Suara ke Pertumpahan Darah: Demokratisasi dan Konflik Nasionalis (terj. Martin Aleida From Voting to Violence: Democratization and Nationalist Conflict). Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.

Tesis/Disertasi/Penelitian/Laporan Tahunan:

Satris, Rezki. 2014. Peran Partai Eks Kombatan Terhadap Advokasi Representasi Perempuan Dalam Politik Pasca Konflik: Studi Kasus Partai Aceh Di Indonesia Dengan Partai Farabundo Mart National Liberation Front (FMLN) Di El Salvador, Amerika Latin. Tesis Pascasarjana. Yogyakarta: S2 Ilmu Politik/Hubungan Internasional Universitas Gadjah Mada.

United Nations. (2016) Empowering People to Protect the Planet. United Nations Environment. Annual Report Number: AR2016.

Conference Proceedings/Paper:

Meutia, Deni & Suharman, Yoga. (2013) 'Pembentukan Piagam ASEAN: Tinjauan Konstruktivisme Politik Hukum Internasional'. Makalah dipresentasikan pada Konvensi Nasional III Asosiasi Ilmu Hubungan Internasional Indonesia, Malang (8-10 Oktober 2012).

Discussion/Working Paper Series:

Tjhin, Christine Susanna. (2005) 'Membangun Demokrasi Lokal dengan Regional: Membangun Indonesia, Membangun ASEAN'. CSIS Working Paper Series 054. Jakarta: Centre for Strategic and International Studies.

Artikel Web & Jurnal Online:

The United Nations. (2007) Universal Declaration of Human Rights [Online]. Available at: http://www.un.org/events/humanrights/2007/hrphotos/declaration%20_eng.pdf [Accessed: 12 Februari 2009].

Bailey. M.J., Bechtold, K.T., and Berenbaum, S.A. (2002) "Who Are Tomboy and Why We Should Study Them?”. Archives of Sexual Behavior [Online] 31(4), pp. 333-341. Available at: http://link.springer.com/article/10.1023/A%3A1016272209463 [Accessed: 5 May 2017].

Personal dan/atau Broadcast Interview:

Zizek, Slavoj. (2017) Interviewed by Anja Steinbauer for Philosophy Now, 17 July. Available at: https://www.youtube.com/watch?v=ka8S0vN73u4 (Accessed: 2 January 2019).

Satris, Rezki. Interviewed by: Kuswardini, Seftina. (23 Desember 2015).

Film:

The Age of Consequences. (2016) [Film] Directed by: Jared P. Scott. USA, PF Pictures.