SISTEM PENENTUAN KUALITAS PISANG MENGGUNAKAN METODE FUZZY TSUKAMOTO

Rofika Arista, Miftahus Sholihin, Nur Nafi'iyah

Abstract


Pisang adalah buah yang memiliki rasa sangat manis dan aroma yang harum. Buah ini menjadi favorit banyak orang karena harganya yang terjangkau dan memiliki banyak manfaat dan nutrisi untuk tubuh. Penentuan kualitas pisang telah ditetapkan berdasarkan SNI 7422-2009 pisang. Tetapi kurangnya pengetahuan perusahaan ataupun konsumen dalam menentukan kualitas pisang mengakibatkan kesehatan menurun karena kesalahan mengkonsumsi buah pisang. Proses menentukan kualitas pisang berdasarkan 3 variabel kriteria, yaitu: ukuran, kecacatan dan kesegaran. Di mana hasil kualitas pisang terdapat kategori kelas C, B, A dan Super. Metode Tsukamoto dalam menentukan kualitas pisang menggunakan defuzzifikasi nilai rata-rata, dan menggunakan kriteria kualitas pisang yang terdiri dari tiga variable, yaitu ukuran, kecacatan, dan kesegaran. Hasil penelitian ini didapatkan kelas pisang berdasarkan kriteria yang diinputkan dan memiliki nilai akurasi sebesar 78%.

Full Text:

PDF

References


Evi Nur Azizah, Imam Cholissodin. (2015). Optimasi Fungsi Keanggotaan Fuzzy Tsukamoto Menggunakan Algoritma Genetika untuk Penentuan Harga Jual Rumah. JEEST, 79-82.

Kemal Farouq, Miftahus Sholihin. (2015). PENERAPAN FUZZY TSUKAMOTO DALAM PENGANGKATAN JABATAN PEGAWAI DI BKD LAMONGAN. Jurnal Teknika, 1-5.

Miftahus Sholihin, Nurul Fuad, Nurul Khamiliyah. (2013). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Warga Penerima Jamkesmas Dengan Metode Fuzzy Tsukamoto. Jurnal Teknika, 1-6.

Muqodimah Nur Lestari, Pio Arfianova Fitrizky Islami, Kirya Matreeke Moses, Aji Prasetya Wibawa. (2018). Implementasi Metode Fuzzy Tsukamoto untuk Menentukan Hasil Tes Kesehatan pada Penerimaan Peserta Didik Baru di Sekolah Menengah Kejuruan. Register, 7-13.

Nadia Roosmalita Sari,Wayan Firdaus Mahmudy. (2015). FUZZY INFERENCE SYSTEM TSUKAMOTO UNTUK MENENTUKAN KELAYAKAN CALON PEGAWAI. Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia (SESINDO). Surabaya: ITS.

Popy Meilina, Nurvelly Rosanti, Nuraeni Astryani. (2017). Sitem Pendukung Keputusan Penentuan Jumlah Produksi Barang Dengan Menggunakan Metode Fuzzy Tsukamoto. Seminar Nasional Sains dan Teknologi (pp. 1-11). Jakarta: Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta.

SHINTIANA PUTRI, RIZKY APRILIA. (2017). SISTEM PAKAR DIAGNOSA PENYAKIT PADA TANAMAN KAKAO MENGGUNAKAN METODE FUZZY TSUKAMOTO. Ponorogo: Thesis Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Tri Murti, Leon Andretti Abdillah, Muhammad Sobri. (2015). SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN KELAYAKAN PEMBERIAN PINJAMAN DENGAN METODE FUZZY TSUKAMOTO. Seminar Nasional Inovasi dan Tren (SNIT), (pp. 252-26).

Widyansyah, A. (2013). Penerapan logika fuzzy Tsukamoto pada simulasi pertumbuhan tanaman wortel (Daucus carota l.) terhadap pengaruh pemberian komposisi pupuk urea dan pupuk kompos berbasis Xl system. Malang: Thesis Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.