DIFERENSIASI PRODUK

Mohammad Suyanto

Abstract


Salah satu strategi untuk memenangkan persaing adalah strategi diferensiasi. Strategi diferensiasi menonjolkan perbedaan yang mencolok mereknya dengan merek pesaing. Diferensiasi produk  dapat berasal dari berbagai faktor, antara lain kualitas produk, keistimewaan produk, daya tahan, keandalan, desain produk yang istimewa, kehandalan, mudah diperbaiki dan gaya.  Kualitas produk terdiri dari kualitas kinerja dan kualitas kesesuaian. Kualitas kinerja mengacu pada tingkat di mana karakteristik produk itu beroperasi. Apakah produk tersebut tingkat kinerjanya rendah, rata-rata, tinggi atau super. IBM, menggunakan strategi diferensiasi produk berbasiskan kualitas kinerja. IBM merupakan perusahaan peringkat 19 dunia berdasarkan pendapatan dan perusahaan peringkat pertama dunia dari industri komputer dan peralatan kantor versi majalah Fortune. Perusahaan yang mempunyai filosofi rasa hormat kepada individu, memberikan terbaik pada pelanggan dan melaksanakan semua tugas dengan gagasan bahwa semua dapat dicapai dengan cara yang unggul. IBM merupakan perusahaan teknologi yang berkomitmen yang tidak habis-habisnya pada mutu. IBM Thinkpad Transnote adalah sebagai produk pemenang dari penghargaan “For Technological Excellence” untuk kategori PC dari PC Magazine pada tahun 2001.Sedangkan kualitas kesesuaian merupakan tingkat di mana semua unit yang diproduksi identik dan memenuhi spesifikasi sasaran yang dijanjikan. Pembeli biasanya mengharapkan tingkat kesesuaian yang tinggi. BMW menggunakan strategi diferensiasi produk berbasis kualitas kesesuaian yang tinggi. Keistimewaan produk adalah karakteristik yang dilengkapi fungsi dari produk. Sebagian besar produk ditawarkan berdasarkan keistemawaannya. Microsoft menggunakan strategi deferensiasi produk berbasis keistimewaan. Microsoft  adalah perusahaan peringkat tiga dunia yang paling mengagumkan pada tahun 2002 versi majalah Fortune. Pada tahun 2001 mengeluarkan produk  baru, yaitu Windows XP, menggunakan kernel Windows 2000 yang merupakan sistem operasi Microsoft yang paling stabil. Keistemewaan Windows XP antara lain, kestabilannya, menggunakan wizard baru yang memudahkan dalam melakukan konfigurasi setting internet dan jaringan lokan, serta penambahan fasilitas plug and play yang semakin bervariasi. Disamping itu Windows XP mengikutsertakan perangkat lunak “firewall” untuk keamanan. Windows XP sebagai pemenang penghargaan “For Technical Excellence” untuk kategori perangkat lunak desktop dari PC Magazine pada tahun 2001.Sedangkan Rolex menggunakan strategi deferensiasi produk berbasiskan daya tahan produk, yang  merupakan suatu ukuran usia operasi produk yang diharapkan dalam kondisinormal dan/ atau berat. Daya tahan oleh pembeli merupakan hal yang sangat penting. Apakah perusahaan Anda mau melakukan deferensiasi produk atau mati ?

Amikom Web Archives