KOMUNITAS MINAT (1)
Abstract
Dari survey Media Metrix pada 2000, 500 perusahaan Top Dunia versi majalah Fortune, meningkatkan aktivitasnya dan memberikan kontribusi lebih besar dari tahun-tahun sebelumya pada pendapatan iklan di Internet. Dari 500 perusahaan top versi Fortune tersebut seluruhnya menggunakan iklan on-line (mempunyai situs web). Periklanan dan pemasaran yang sifatnya one-to-one, pemasaran target, bisa menjadi sangat mahal. Akan tetapi, periklanan ini juga sekaligus menawarkan keuntungan menggiurkan. Misalnya, menurut Taylor (1997), iklan berdasarkan target yang sukses dibuktikan sangat efektif bagi mobil-mobil Lexus (169 dolar per mobil yang terjual). Menitikberatkan target iklan lebih ke komunitas (kelompok-kelompok) ketimbang ke perorangan juga terbukti sangat efektif-biaya. Salah satu komunitas di Internet adalah komunitas minat. Komunitas minat terdiri dari orang-orang yang berinteraksi terhadap topik tertentu, misalnya topik hiburan, topik keluarga, topik perkebunan, topik cuaca dan sebagainya. Contoh sukses perusahaan yang melakukan segmentasi berdasarkan komunitas minat adalah perusahaan retailer industri musik N2K. N2K berkembang cukup cepat setelah bergabung dengan Telebase, yang mengoperasikan toko musik internet, yaitu Music Boulevard (www.musicboulevard.com) Situs ini berisi informasi yang sangat bervariasi sesuai dengan yang dinginkan peminat, misalnya biografi artis, jadwal tour, contoh musik, dan kajian tentang musik. N2K menjual CD, T-shirt dan perlengkapannya. Pendapatannya mencapai 85000 dolar pada tiga bulan pertama setelah merger dengan Telebase. N2K menganggap kalau hanya satu situs Web untuk seluruh peminat dirasa kurang. Akhirnya N2K mengkhususkan lagi dengan membagi peminatnya ke dalam kelompok musik jazz (www.jazzcentralstation.com) musik klasik (www.classicainsite.com) dan musik rock (www.rocktroplis.com) . Pendapatan N2K naik secara dramatis dari 85000 dolar menjadi 450000 dolar dalam tiga bulan dan menjadi 3,6 juta dolar dalam satu tahun kemudian. Untuk dapat bersaing dengan Amazon.com dan menjadi toko musik online terbesar, akhirnya N2K melakukan merger dengan CDNOW. Para analis mengatakan bahwa bergabungnya kedua retailer musik online ini menandai semakin ketatnya persaingan ritel musik online. Laporan dari The Wall Street Journal merger dari CDNOW dan N2K dengan menggunakan merek CDNOW (www.cdnow.con) menguasai pasar sekitar 45 % atau sekitar 1,2 juta pelanggan. N2K dan CDNOW membelanjakan uang untuk bertempur dengan Amazon.com. N2K menggandeng America Online, Ntscape, Excite dan WebTV, sedangkan CDNOW berhubungan dengan Yahoo dan Lycos.