ANGKA-ANGKA MISTERIUS DI DIY
Abstract
Apakah fenomena kependudukan secara langsung akan atau telah berpengaruh terhadap fenomena pendidikan? Bagaimana jenis pengaruhnya, positif atau negatif? Bagaimana skema pengaruh fenomena kependudukan tersebut untuk Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)? Inilah sebagian per-tanyaan yang teridentifikasi ketika saya dimohon menjadi nara sumber sekaligus memberi presentasi di hadapan para pakar dan pengambil keputusan masalah-masalah pendidikan di DIY dalam sebuah forum sarasehan beberapa waktu lalu.
Pertanyaan-pertanyaan tersebut meskipun sebagian sangat elementer, akan tetapi tetap mempunyai daya tarik dan urgensi yang tinggi oleh karena dilatar-belakangi o-leh dua fenomena sekaligus; di satu sisi fenomena menge-nai keberhasilan negara kita pada umumnya dan DIY pada khususnya dalam menekan laju pertumbuhan penduduk, dan di sisi yang lain fenomena tentang relatif banyaknya ke-las-kelas SD yang makin lama makin jarang penghuninya.
Tidak dapat dibantah, dalam hal menekan laju per-tumbuhan penduduk maka DIY termasuk sangat berhasil, hal ini dibuktikan dengan ditemukannya angka yang fantastis dalam Sensus Penduduk (SP) 1990 beberapa waktu yang lalu.
Pertanyaan-pertanyaan tersebut meskipun sebagian sangat elementer, akan tetapi tetap mempunyai daya tarik dan urgensi yang tinggi oleh karena dilatar-belakangi o-leh dua fenomena sekaligus; di satu sisi fenomena menge-nai keberhasilan negara kita pada umumnya dan DIY pada khususnya dalam menekan laju pertumbuhan penduduk, dan di sisi yang lain fenomena tentang relatif banyaknya ke-las-kelas SD yang makin lama makin jarang penghuninya.
Tidak dapat dibantah, dalam hal menekan laju per-tumbuhan penduduk maka DIY termasuk sangat berhasil, hal ini dibuktikan dengan ditemukannya angka yang fantastis dalam Sensus Penduduk (SP) 1990 beberapa waktu yang lalu.