PENDIDIKAN KEJURUAN LUAR SEKOLAH SEBAGAI PENDIDIKAN ALTERNATIF
Abstract
Kemajuan suatu bangsa berdiri di atas keterdidikan rakyatnya. Itulah pomeo yang sampai saat ini diakui kebenarannya oleh bangsa mana pun di dunia ini. Buktinya, orang dapat mengukur dan mengantisipasi kemajuan suatu bangsa dan negara dari sejauh mana bangsa tersebut telah mampu memutar roda-roda pendidikannya.
Ada ilustrasi yang cukup menarik untuk pernyataan tersebut di atas. Pada tahun 40-an ketika Jepang membuka diri terhadap kebudayaan luar, maka sistem pendidikan di Jepang mulai "mengkiblat" ke negara-negara Barat, terutama ke Amerika Serikat (AS). Kiranya tidak ada yang tak sependapat bahwa kemajuan bangsa AS, waktu itu, berada di atas bangsa Jepang; akan tetapi pada tahun 80-an ini terjadi sesuatu hal yang agak "kontroversial" karena AS justru "melirik" sistem pendidikan di Jepang. Akhirnya, dewasa ini banyak orang sependapat bahwa kemajuan bangsa Jepang sudah mulai "melanggar" AS. Karena keterdidikan rakyatnya maka Jepang mampu "melanggar" AS.
Ilustrasi tersebut di atas mungkin cukup ekstrim, dan agak sulit mencari ilustrasi lain yang serupa; namun esensinya, bahwa kemajuan suatu bangsa bisa dilihat dari sejauh mana kemajuan pendidikan bangsa tersebut kiranya tidak dapat terbantahkan lagi.
Ada ilustrasi yang cukup menarik untuk pernyataan tersebut di atas. Pada tahun 40-an ketika Jepang membuka diri terhadap kebudayaan luar, maka sistem pendidikan di Jepang mulai "mengkiblat" ke negara-negara Barat, terutama ke Amerika Serikat (AS). Kiranya tidak ada yang tak sependapat bahwa kemajuan bangsa AS, waktu itu, berada di atas bangsa Jepang; akan tetapi pada tahun 80-an ini terjadi sesuatu hal yang agak "kontroversial" karena AS justru "melirik" sistem pendidikan di Jepang. Akhirnya, dewasa ini banyak orang sependapat bahwa kemajuan bangsa Jepang sudah mulai "melanggar" AS. Karena keterdidikan rakyatnya maka Jepang mampu "melanggar" AS.
Ilustrasi tersebut di atas mungkin cukup ekstrim, dan agak sulit mencari ilustrasi lain yang serupa; namun esensinya, bahwa kemajuan suatu bangsa bisa dilihat dari sejauh mana kemajuan pendidikan bangsa tersebut kiranya tidak dapat terbantahkan lagi.