REFUNGSIONALISASI FISIK SD UNTUK SMTP

Ki Supriyoko

Abstract



       Prioritas pembangunan pendidikan di negara kita untuk periode tahun 1988 ini adalah terletak pada peningkatan daya tampung SMTP; dalam artian pemanfaatan sarana dan fasilitas belajar untuk menampung lulusan SD semaksimal mungkin.

       Kebijakan prioritas tersebut diatas adalah sangat relevan dengan kebijakan pendekatan pendidikan kita saat ini;  yang mana pada tingkat pendidikan dasar dan tinggi diberlakukan pendekatan kualitatif, sedangkan pada tingkat pendidikan menengah diberlakukan pendekatan kuantitatif, (Supriyoko, "Kebijakan Pendekatan Pendidikan Kita", KR 11 Januari 1988)

       Ditempuhnya kebijakan prioritas peningkatan daya tampung SMTP tersebut setidak-tidaknya dipertimbangi oleh dua alasan; pertama, secara riil belum seluruh lulusan SD dapat ditampung di SMTP,  kedua, secara konsepsional seluruh lulusan SD dipersiapkan untuk melanjutkan pendidikannya di SMTP.

       Demi mempertimbangkan dua alasan tersebut diatas, dimensi realitas di satu pihak dan konsepsionalitas pada pihak yang lain,  maka ditempuhnya kebijakan prioritas peningkatan daya tampung SMTP kiranya merupakan suatu kebijakan yang bersifat argumentatif.

Full Text:

PDF
Amikom Web Archives