ASPEK HISTORIS DAN DINAMIKA PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH

Ki Supriyoko

Abstract


       Sejak berdirinya tahun 1912  Muhammadiyah berada  pada posisi yang sangat strategis dalam peta pendidikan nasional kita. Meskipun 'organisasi rakyat' ini tidak mengkhususkan perilaku organisatoriknya dalam bidang pendidikan akan tetapi Muhammadiyah telah berhasil menangani soal-soal pendidikan secara dinamis-proporsional sehingga mampu menjadikan dirinya sebagai lembaga yang diperhitungkan.

 

       Secara historis Muhammadiyah memang mencanangkan berbagai amal usaha;  salah satunya amal usaha di bidang pendidikan. Apabila pada awalnya pendidikan di Muhammadiyah dilakukan secara konvensional,  misalnya melalui pengajian rutin di kampung-kampung dengan masjid atau rumah-rumah penduduk sebagai "ajang" pertemuan, maka sekarang ini (sebagian) pendidikan di Muhammadiyah sudah dilakukan secara modern atau setidak-tidaknya nonkonvensional.  Kalau kini pengajian rutin masih dilakukan oleh insan Muhammadiyah saya tidak bermaksud menyatakan semuanya masih serba konvensional. 

 

       Pendidikan di Muhammadiyah yang dilakukan secara konvensio-nal pada tempo dulu secara perlahan tetapi pasti telah diubah metode dan pendekatannya secara nonkonvensional tanpa harus menghilangkan esensi dan substansinya.  Dari dimensi tertentu justru dalam hal inilah letak kelebihan dan kehebatan Muhammadiyah.


Full Text:

PDF PDF
Amikom Web Archives