PROSPEK UNIVERSITAS TERBUKA DI INDONESIA
Abstract
Problematika pendidikan tinggi di negara kita yang dewasa ini sangat menonjol dan cukup menyita konsentrasi adalah tentang kompleksitas daya tampung. Meluapnya anggota masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan pendidikan tinggi di satu pihak ternyata belum terimbangi oleh meningkatnya angka daya tampung lembaga pendidikan tinggi di pihak yang lain.
Masalah kompleksitas daya tampung ini kemudian secara berturut-turut diikuti oleh masalah yang lain, ialah kualitas lulusan; ratio dosen dengan mahasiswa; relevansi bidang studi; dsb.
Demikian kompleksnya permasalahan pendidikan tinggi di negara kita dewasa ini, maka pada akhirnya banyak alternatif inovatif yang dieksperimentasikan untuk men-dapatkan sesuatu yang berguna bagi peningkatan efektifi-tas pelayanan pendidikan tinggi.
Salah satu bentuk alternatif inovatif yang telah dan sedang dilaksanakan adalah "Sistem pendidikan terbuka".
Masalah kompleksitas daya tampung ini kemudian secara berturut-turut diikuti oleh masalah yang lain, ialah kualitas lulusan; ratio dosen dengan mahasiswa; relevansi bidang studi; dsb.
Demikian kompleksnya permasalahan pendidikan tinggi di negara kita dewasa ini, maka pada akhirnya banyak alternatif inovatif yang dieksperimentasikan untuk men-dapatkan sesuatu yang berguna bagi peningkatan efektifi-tas pelayanan pendidikan tinggi.
Salah satu bentuk alternatif inovatif yang telah dan sedang dilaksanakan adalah "Sistem pendidikan terbuka".