BENGKEL TERPADU SEKOLAH VOKASIONAL

Ki Supriyoko

Abstract


       Salah satu unsur dari "teori keharmonisan" yang dikemukakan oleh John L. Holland mengatakan bahwa untuk menciptakan keharmonisan antara manusia dengan lingkungan sosialnya maka tingkat pendidikan (level of educational) hendaknya mendapat perhatian dalam struktur kerja atau jabatan setiap orang (John L. Holland, "Making Vocational Choices"; 1985).

       Teori ini relevan dengan apa yang dikemukakan o-leh Marshall bahwa untuk memasuki era industri dituntut setiap orang hendaknya bersifat "gentlemen; ialah meng-hargai atau menghormati tingkat pendidikan dalam struk-tur kerja atau jabatan.

       Seseorang yang mempunyai tingkat pendidikan ting-gi tetapi mendapatkan tingkat pekerjaan atau pun jabatan rendah, sebaliknya seseorang yang mempunyai tingkat pen- didikan rendah tetapi mendapatkan tingkat pekerjaan atau jabatan tinggi sangat mungkin akan membawa efek ketidakharmonisan atau ketidakselarasan dalam interaksi manusia dengan lingkungan sosialnya.

       Apabila kita sempat mengikuti lebih jauh apa yang dimaksud dengan "tingkat pendidikan" oleh kedua tokoh tersebut diatas adalah kesiapan seseorang dalam mengha-dapi dunia kerja.

Full Text:

PDF
Amikom Web Archives