REAKTUALISASI FUNGSI PENDIDIKAN KINI
Abstract
Asumsi mengenai terdapatnya hubungan timbal balik (reciprocal relationship) antara pendidikan dengan ilmu pengetahuan dan tekno-logi (iptek) sampai kini tidak pernah diragukan; artinya makin mantap pelaksanaan pendidikan di suatu negara semakin pesat perkembangan ipteknya; begitu pula perkembangan iptek yang pesat secara langsung dan/atau tak langsung akan mendinamisasi pelaksanaan pendidikan di negara yang bersangkutan.
Kiranya siapapun setuju bahwa dalam dua dasa warsa terakhir ini perkembangan teknologi di berbagai negara berlangsung sangat pesat; bahkan terkadang lebih pesat daripada yang dibayangkan sebelumnya. Pesatnya perkembangan teknologi ini berakibat pada munculnya dua era sekaligus; yaitu era industri dan era informasi yang berlangsung secara simultan dengan karakteristiknya masing-masing.
Dalam bukunya 'Technology in Your World' (1987), M.Hacker dan R. Barden melukiskan bahwa sejak pertengahan abad ke-18 era industri berjalan naik dan menjelang datangnya tahun 2000 ini peker-jaan industrial mampu menyita sekitar 20 persen dari total pekerjaan yang ada di dunia ini. Pada sisi yang lainnya, era informasi yang baru berkembang sejak pertengahan abad ke-20 ini juga bejalan naik dan menjelang datangnya tahun 2000 ini pekerjaan informasional mampu menyita sekitar 75 persen dari total pekerjaan yang ada di dunia ini. Dengan demikian berlangsungnya era industri dan era informasi telah menyita sekitar 95 persen dari segala jenis pekerjaan yang ada.
Angka-angka tersebut melukiskan betapa dominannya pengaruh fenomena yang berkembang di era industri maupun era informasi ter-hadap perikehidupan di dunia ini. Yang kemudian perlu diklarifikasi ialah sejauh mana dunia pendidikan mampu mengantisipasi datangnya dua era tersebut; apakah fungsi pendidikan mengalami pergeseran dan /atau perubahan dengan datangnya dua era tersebut.
Kiranya siapapun setuju bahwa dalam dua dasa warsa terakhir ini perkembangan teknologi di berbagai negara berlangsung sangat pesat; bahkan terkadang lebih pesat daripada yang dibayangkan sebelumnya. Pesatnya perkembangan teknologi ini berakibat pada munculnya dua era sekaligus; yaitu era industri dan era informasi yang berlangsung secara simultan dengan karakteristiknya masing-masing.
Dalam bukunya 'Technology in Your World' (1987), M.Hacker dan R. Barden melukiskan bahwa sejak pertengahan abad ke-18 era industri berjalan naik dan menjelang datangnya tahun 2000 ini peker-jaan industrial mampu menyita sekitar 20 persen dari total pekerjaan yang ada di dunia ini. Pada sisi yang lainnya, era informasi yang baru berkembang sejak pertengahan abad ke-20 ini juga bejalan naik dan menjelang datangnya tahun 2000 ini pekerjaan informasional mampu menyita sekitar 75 persen dari total pekerjaan yang ada di dunia ini. Dengan demikian berlangsungnya era industri dan era informasi telah menyita sekitar 95 persen dari segala jenis pekerjaan yang ada.
Angka-angka tersebut melukiskan betapa dominannya pengaruh fenomena yang berkembang di era industri maupun era informasi ter-hadap perikehidupan di dunia ini. Yang kemudian perlu diklarifikasi ialah sejauh mana dunia pendidikan mampu mengantisipasi datangnya dua era tersebut; apakah fungsi pendidikan mengalami pergeseran dan /atau perubahan dengan datangnya dua era tersebut.