PENDIDIKAN TANPA GURU YANG BERMUTU

Ki Supriyoko

Abstract


Banyak faktor yang secara langsung menentukan kesuksesan belajar dan keberhasilan pendidikan. Faktor-faktor ini dapat dikla-sifikasi ke dalam tiga kelompok,  yaitu perangkat keras (hardware) yang meliputi ruang belajar, peralatan praktek, laboratorium, per-pustakaan, dsb,  perangkat lunak (software) yang meliputi kurikulum, program pengajaran,  manajemen sekolah, sistem pembelajaran, dsb, serta perangkat pikir (brainware)  yang menyangkut guru, kepala sekolah, anak didik, dan orang-orang yang terlibat di dalam proses pendidikan itu sendiri.

 

       Dari banyak faktor tersebut di atas  banyak orang sependapat bahwa yang paling menentukan adalah guru. Ruang belajar bisa saja sangat sederhana, peralatan praktek kurang lengkap, laboratorium dan perpustakaan mengenaskan tetapi apabila ada guru yang baik maka harapan masih ada.

 

       Sebaliknya meskipun ruang belajar sangat bagus,  peralatan praktek sangat lengkap,  laboratorium dan perpustakaan cukup me-madai tetapi kalau tidak ada guru yang baik  maka jangan berharap pendidikan bisa mencapai hasil yang optimal.

 

       Tesis tersebut amat diyakini  oleh para pengambil keputusan pendidikan di banyak negara; Australia misalnya.  Itulah sebabnya ketika para menteri pendidikan negara-negara bagian Australia ber-kumpul di Adelaide untuk menghasilkan  'Adelaide Declaration 2000' mereka bersepakat  bahwa untuk membangun bangsa Australia ke depan, dalam konteks era Milenium ke-3, dimulai dari meningkatkan kualitas pendidikan,  dan  untuk meningkatkan kualitas pendidikan dimulai dari peningkatan profesionalisme guru.

 

       Di Australia guru sangat dihargai dan gajinya pun diberikan dalam jumlah yang cukup sehingga banyak master dan doktor yang bersedia menjadi guru (bukan dosen)  di sekolah menengah maupun sekolah dasar sekali pun. Di Jepang terlebih-lebih lagi; di samping diberi kesejahteraan yang bagus, para guru diposisi secara sentral dan terpuji oleh masyarakat luas.  Mereka yakin seyakin-yakinnya tanpa guru yang bermutu  tidak mungkin diraih kesuksesan belajar dan keberhasilan pendidikan secara memadai.


Full Text:

PDF
Amikom Web Archives