MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU BERBASIS SEKOLAH
Abstract
Mutu pendidikan di Indonesia sampai hari ini masih menjadi masalah yang belum tersolusi secara memadai. Apabila dibandingkan negara maju seperti Amerika Serikat, Inggris, Jepang, dan Australia, mutu pendidikan di Indonesia masih tergolong rendah; dan apabila dibandingkan negara ber-kembang lainnya seperti India, Cina, Malaysia dan Thailand, pendidikan di Indonesia pun belum mampu menunjukkan keunggulannya.
Dari sisi jenjang dan satuannya, masalah mutu pendidikan di Indonesia terjadi dari jenjang pendidikan dasar, menengah sampai tinggi; serta terjadi dari satuan TK, SD, SLTP, SMU, SMK sampai PT. Dari letak geografinya, masalah mutu pendidikan ini terjadi baik di Jawa maupun di luar Jawa. Memang sekolah yang berada di Jawa, utamanya di kota, berkecenderung-an memiliki mutu yang lebih baik dibandingkan dengan sekolah di luar Jawa, utamanya di desa; namun demikian secara umum mutu pendidikan di Indonesia masih menjadi masalah yang kompleks.
Disebabkan mutu pendidikan yang masih menjadi masalah itulah maka pemerintah melakukan upaya untuk meningkatkan mutu; diantaranya ialah menerapkan Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (MPMBS) .