PERAN STRATEGIS MEDIA MASSA MENDIDIK MASYARAKAT
Abstract
Soal pemanfaatan internet sebagai media massa modern misalnya. Dalam laporan UNDP ”Human Development Report 2004” (2004) disebutkan bahwa di AS sebagai negara maju, 551 dari setiap seribu orang sudah memanfaatkan internet untuk keperluan bisnis, perkantoran, dan keperluan sehari-hari lainnya; di Indonesia sebagai negara berkembang, internet baru dimanfaatkan oleh 38 dari setiap seribu orang; sedangkan di Ethiopia sebagai negara tertinggal, internet baru digunakan oleh 1 dari setiap seribu orang. Dengan demikian terlihat sangat jauh bedanya; pemanfaatan media massa di negara maju jauh lebih produktif daripada di negara berkembang dan tertinggal.
Dalam soal televisi, koran, majalah, tabloid, dan media massa ”baru” lainnya juga diperoleh kecenderungan yang sama; yaitu pada negara dan masyarakat yang lebih maju maka pemanfaatannya sebagai sumber informasi dan sumber pendidikan lebih optimal.