PENYEDIAAN BUKU TEKS PELAJARAN DENGAN KETENTUAN BARU
Abstract
Penyediaan buku teks pelajaran di sekolah pada dasarnya merupakan bagian dari usaha untuk meningkatkan mutu pendidikan, khususnya mutu pendidikan di sekolah yang bersangkutan. Logikanya sederhana, kalau penyediaan buku teks pelajaran di perpustakaan sekolah dapat dilakukan secara lengkap maka siswa mendapat banyak kemudahan untuk mengakses isinya. Dengan kemudahan ini maka pengetahuan dan wawasan siswa pun akan meningkat; artinya pengetahuan makin tinggi dan wawasannya makin luas, dalam hal ini pengetahuan dan wawasan yang berkait dengan materi pelajaran di sekolah. Ketinggian pengetahuan dan keluasan wawasan siswa inilah yang secara langsung maupun tidak langsung akan meningkatkan mutu pendidikan.
Meskipun penyediaan buku teks pelajaran mempunyai posisi yang sangat strategis dalam peningkatan mutu pendidikan akan tetapi masalah ini semenjak dulu dapat dikatakan sebagai kurang beres. Adapun salah satu indikator kekurangberesan ini adalah belum tersedianya buku-buku teks pelajaran yang memadai, baik kuantitas maupun kualitas, pada kebanyakan sekolah di Indonesia.