KURIKULUM BARU DI INDONESIA
Abstract
Sungguh menarik apa yang disampaikan Pak Bambang Sudibyo selaku menteri pendidikan Indonesia dalam forum internasional berlangsung di Meksiko Amerika Selatan bahwa bidang pendidikan di Indonesia memiliki tujuan pokok; yaitu meratakan akses pendidikan berkualitas tinggi di semua tingkatan serta memperbaiki standar dan kualitas pendidikan nasional. Dalam 25 tahun ke depan sistem pendidikan nasional akan menghasilkan manusia Indonesia yang memiliki kecerdasan menyeluruh meliputi rohani, intelektual, sosial, emosional, estetika, dan kecerdasan kinestetik.
Pernyataan resmi menteri pendidikan tersebut disampaikan dalam The Sixrh E-9 Ministerial Review Meeting pada 13 s/d 15 Februari 2006 yang melibatkan sembilan negara yang memiliki lebih setengah penduduknya di usia sekolah; yaitu Bangladesh, Brasil, Cina, Mesir, India, Indonesia, Meksiko, Nigeria, dan Pakistan. Sebagai catatan, pertemuan serupa pernah terjadi pula di Indonesia beberapa tahun yang lalu.
Di samping menyangkut standar pendidikan, pernyataan menarik Pak Bambang terletak pada adanya kehendak dari seorang pejabat negara yang memiliki otoritas di bidangnya untuk mewujudkan manusia Indonesia masa depan dengan karakter khusus. Adapun karakter yang dimaksud adalah manusia Indonesia yang memiliki kecerdasan menyeluruh meliputi rohani, intelektual, sosial, emosional, estetika, dan kecerdasan kinestetik.