STRATEGI BISNIS PEDAGANG ANGKRINGAN (4)

Mohammad Suyanto

Abstract


 Aturan baru yang dilakukan pedagang angkringan juga dilakukan banyak perusahaan top dunia. Product terbaik 2008 yang menggunakan aturan baru adalah Hulu, yang merupakan situs video yang diprakarsai oleh perusahaan besar antara lain Fox, NBC, MGM, Sony, dan Warner Brothers. Hulu merupakan pesaing baru dari YouTube. Demikian pula Facebook, Flock, Wikipedia, Mozilla Firefox, Flicker, Google menggunakan aturan baru dengan konsep gratis. Tanpa menggunakan aturan baru sulit untuk dapat bersaing di masa revolusioner. Hal ini didukung dengan pernyataan Bill Gates, bahwa “Microsoft selalu dua tahun jauhnya dari kegagalan”. Apa yang dikatakan Bill Gates menunjukkan bahwa persaingan pada saat ini membuat siklus hidup produk semakin menyempit, demikian pula siklus hidup strategi juga semakin pendek. Dengan demikian konsep bisnis apapun, bahkan yang luar biasapun akan segera kehilangan efisiensi ekonomi. Perbedaan antara menjadi pemimpin dan pengekor dalam industri tidak dapat lagi diukur dengan dasa warsa atau sepuluh tahun, tetapi sudah harus dalam tahun atau bulan. Saat ini tidak bisa lagi strategi untuk satu dasa warsa, tetapi strategi hanya untuk tahun demi tahun yang mengikuti putaran persaingan yang semakin cepat.

Pendatang baru yang lain yang mempunyai aturan permainan baru, misalnya adalah Hotmail. Strategi Hotmail untuk merebut jutaan peselancar dunia maya, dengan melalui e-mail yang didukung iklan gratis untuk menempatkan situs web di Hotmail tersebut. Hal ini sangat berbeda dengan yang dilakukan oleh American On Line (AOL) pada saat pertama kali meraih konsumennya, yaitu dengan besar-besaran melalui disket pendaftaran ke AOL. Dana yang lebih besar dan kemampuan yang lebih tidak di AOL tidak cukup untuk memenangkan persaingan dengan Hotmail. AOL hanya meraih 18 juta pelanggan. Sedangkan Hotmail dari 0 menjadi 10 juta pelanggan. Pada pertengahan 1999, menggelembung menjadi 40 juta dan akhirnya Hotmail menjadi sasaran akuisisi utama Microsoft.

Charles Schwab dan Fidelity mengubah permainan baru dalam bidang keuangan dan perbankan yaitu dengan menganggap bahwa nasabah bank tersebut bukan hanya nasabah tetapi juga investor. Maka yang terjadi dalam dasa warsa terakhir, bank-bank kehilangan hampir separuh pangsa pasar pada aset finansial rumah tangga direbut pemain baru, seperti Charles Schwab dan Fidelity.

Kata seorang CEO “Dulu, saya menghabiskan sebagian besar waktu tentang bagaimana-bagaimana kami mengerjakannya? Bagaimana kami mengoperasikannya? Bagaimana efisiensi kami?.  

Sekarang saya lebih banyak menghabiskan waktu memikirkan apa-kesempatan apa yang dapat dikejar? Aliansi apa yang dapat dibentuk? Teknologi apa yang bisa mendukung? Eksperimen apa yang harus dimulai?

Inti utamanya adalah ketika perusahaan telah memeras hingga 5 % atau sampai nol efisiensi terakhir dengan bagaimana, maka orang lain akan menciptakan apa yang baru atau membuat aturan permainan baru. Itulah revolusi strategi untuk meraih kemenangan di era persaingan pada dasa warsa terakhir ini yang penuh dengan kesulitan.

 


Full Text:

PDF
Amikom Web Archives