CARA BARU MENINGKATKAN KINERJA

Mohammad Suyanto

Abstract


Menurut Daniel Goleman, kemampuan motivasi terdiri dari dorongan berprestasi, komitmen, inisiatif dan optimisme. Dorongan berprestasi merupakan dorongan untuk meningkatkan atau memenuhi standar keunggulan. Orang dengan kemampuan ini akan berorientasi pada hasil, dengan semangat juang yang tinggi untuk meraih tujuan dan memenuhi standar, menetapkan sasaran yang menantang dan berani mengambil risiko yang telah diperhitungkan, mencari informasi sebanyak-banyaknya guna mengurangi ketidakpastian dan mencari cara yang lebih baik serta terus belajar untuk meningkatkan kinerjanya.


Untuk meraih keunggulan, Konosuke Matsushita, konglomerat Jepang pemilik begitu banyak perusahaan yang salah satunya merek Panasonic, mempunyai rencana tahunan dengan jangkauan sampai seratus tahun ke depan yang memperhitungkan semua transformasi bisnis dan pasar yang mungkin. Tidak peduli apakah dunia pada abad yang akan datang itu terwujud atau tidak, berakibat menjadikan berkembangnya intuisi dan indra untuk mengetahui apa saja yang mungkin terjadi. Para eksekutif Matsushita dapat mengembangkan kemampuan untuk menghadirkan masa depan yang masih berupa mimpi dalam rancangan-rancangan kreatif dan proses-proses kerja masa kini, yang berarti mereka membantu menciptakan masa depan.

Herb Kelleher, pemimpin perusahaan penerbangan terkemuka Southwest Airlines untuk meraih keunggulan perusahaannya dengan ”membahagiakan dan menghormati” karyawannya yang berjumlah 18.000 orang. ”Rasa sayang yang diberikan tersebut” dibalas dengan emosi yang spontan dan terus mengalir secara sukarela dari karyawannya. Nilai-nilai pokok yang praktis seperti humor, kemandirian dan saling hormat serta cara berhubungan dengan sesama, pelanggan dan pemasok meresap ke dalam setiap aspek kerja Southwest Airlines. Tampak jelas, humor berperan dalam mengembangkan inspirasi untuk menjadi terdepan dalam bidangnya. Kelleher berhasil meningkatkan penjualan sampai lebih dari 2,6 miliar dolar dan mengusahakan humor terus dijadikan unsur utama di perusahaannya. Ia terpilih sebagai CEO Amerika Serikat terbaik oleh majalah Fortune pada 1994.

Suasana ceria bisa mendatangkan suatu muatan energi yang sehat seseorang sedang bekerja keras dan menjadikannya luwes dan mudah menyesuaikan diri dengan perubahan keadaan. ”Sasaran baru dalam lingkungan kami adalah kegembiraan dalam menggunakan sesuatu. Kami ingin agar produk-produk dan jasa-jasa kami tampil beda, informatif dan menyenangkan. Perusahaan manapun yang sanggup memasukkan semua atribut itu ke dalam produk-produk dan jasa-jasa mereka mempunyai peluang untuk menjadi pelopor dalam merevolusi industri mereka,” kata Gary Hamel, Pakar strategi, salah satu penulis buku Competing for The Future.

Amikom Web Archives