PARADIGMA DAN PRINSIP INTERAKSI

Dony Ariyus, Sudarmawan

Abstract


Sistem Interaktif memungkinkan user mencapai suatu tujuan tertentu dalam suatu domain aplikasi. Sistem interaktif harus dapat didayagunakan (usability) untuk meningkatkan keberhasilan suatu sistem aplikasi.

Dua pertanyaan (masalah) tentang pendayagu-naan (usability) sistem interaktif :
  1. Bagaimana suatu sistem interaktif dibangun supaya mempunyai dayaguna yang tinggi ?
  2. Bagaimana mengukur atau mendemontrasikan dayaguna (usability) suatu sistem interaktif ?

Dua pendekatan untuk menjawab pertanyaan atau permasalah di atas:
  • Paradigma :Sistem interaktif yang berhasil pada umumnya diyakini akan mening-katkan dayaguna (usability) dari sistem tersebut.
  • Prinsip:Interaksi efektif dari berbagai aspek pengetahuan psikologi, komputasi dan sosiologi mengarahkan peningkatan desain dan evolusi suatu produk, yang pada akhirnya akan meningkatkan daya-guna sistem tersebut.

Full Text:

PDF
Amikom Web Archives