Skripsi Jurusan Sistem Informasi STMIK AMIKOM Yogyakarta, 2009

Font Size:  Small  Medium  Large

PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGGOLONGAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA UNTUK MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Gibbi Erning Cahyani

Abstract


Manusia senantiasa memerlukan suatu pendidikan dalam setiap kehidupanya. Baik buruknya kualitas pendidikan banyak ditentukan oleh sistem pendidikan yang diterapkan. Seperti siswa-siswi selaku peserta didik yang merupakan salah satu aset sumber daya manusia yang potensial untuk dididik dan diarahkan sebagai generasi penerus bangsa. Perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi telah membawa perubahan dihampir semua aspek kehidupan manusia dimana berbagai permasalahannya hanya dapat dipecahkan dengan upaya penguasaan dan peningkatan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Pembelajaran yang digunakan masih menggunakan metode konvensional dengan buku sebagai pendukung penguasaan materi yang  diberikan kepada siswa. Siswa merasa tidak nyaman dengan metode konvensional. Data lain menunjukkan bahwa, menurut siswa pemahaman konsep atau materi Ilmu pengetahuan Alam ysng diberiksn sulit dipahami sehingga motivasi belajar siswa menjadi rendah.

Melihat keterbatasan sumber belajar yang digunakan, dan belum adanya media pembelajaran yang mampu melayani perbedaan karakteristik siswa dalam belajar-mengajar, serta dibutuhkannya media yang lebih menarik, interaktif, dan dapat meningkatkan minat , proses, dan hasil belajar siswa, maka perlu solusi yang tepat diantaranya adalah menggunakan media pembelajaran interaktif sebagai salah satu model pembelajaran berbantuan komputer yang jauh lebih menarik dan komunikatif  yang  pada  kenyataanya belum digunakan dan belum ada.