MENJAGA PANGGILAN JIWA GURU

KI SUPRIYOKO

Abstract


       Hari ini Jum’at 22 Januari 2010 bertempat di Balikpapan Kalimantan Timur berkumpul 700-an perwakilan guru dari seluruh Indonesia untuk membahas berbagai permasalahan pendidikan terutama yang berkait dengan profesi guru dalam forum Konferensi Kerja Nasional atau Konkernas.

 

       Konkernas yang hanya dilaksanakan sekali dalam setahun merupakan instansi tertinggi di bawah kongres PGRI itu sendiri. Forum ini sangat penting dan strategis karena merupakan forum resmi untuk menetapkan garis kebijakan yang belum ada dalam keputusan kongres selama masa antara kongres. Para perwakilan guru dari seluruh pelosok Nusantara bebas mengajukan pendapat untuk dibahas dalam forum sebelum akhirnya diam-bil keputusan resmi.

 

       Menurut Pasal 56 Anggaran Rumah Tangga PGRI, konkernas diikuti oleh pengurus besar, badan penasehat pengurus besar, pengurus anak lem-baga tingkat nasional, pengurus badan khusus tingkat nasional, pengurus himpunan/ikatan/asosiasi profesi dan keahlian sejenis tingkat nasional, utusan pengurus provinsi, peninjau serta undangan lain yang ditetapkan oleh pengurus besar. Jadi angka peserta yang mencapai 700-an orang kira-nya bukan angka yang besar untuk organisasi PGRI itu sendiri.   


Full Text:

PDF