KARYA ILMIAH DOSEN STMIK AMIKOM YOGYAKARTA, 1992

Font Size:  Small  Medium  Large

PERAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI DALAM DUNIA PENDIDIKAN DI INDONESIA

Ki Supriyoko

Abstract


       Berangkat dari peristiwa tersebut maka pada akhir tahun 50-an AS dan negara-negara maju lainnya mulai meng garap perkembangan teknologi komunikasi, khususnya untuk bidang pertelevisian, bagi kepentingan dunia pendidikan. Pada awalnya untuk mengembangkan ide ini Ford Foundation banyak memberikan kontribusi finansialnya.

       Di Indonesia pemanfaatan teknologi komunikasi ba-gi dunia pendidikan baru dirintis sejak tahun 60-an yang ditandai dengan diberikannya lampu hijau terhadap reko-mendasi pakar media Wilbur Schramm (1965) dalam karyanya bertitel "The New Media : Memo to Educational Planners". Di dalam karyanya tersebut Schramm sebagai "bapak media"  menyatakan kemungkinan dilaksanakannya inovasi pendidik-an dengan memanfaatkan jasa media, termasuk di antaranya media radio dan televisi. Sejak awal tahun 1968 pemerin-tah RI dengan bantuan UNESCO mulai melakukan serangkaian penelitian-penelitian yang relevan.

 

       Emerson (1969) dalam karya laporannya, "Education in Indonesia :  Diagnosis of the Present Situation with Identification of Priorities Development" mengisyaratkan bahwa program-program audio dan visual dapat diaplikasi untuk memperluas pelayanan pendidikan di Indonesia.


Full Text: PDF