KARYA ILMIAH DOSEN STMIK AMIKOM YOGYAKARTA, 1992

Font Size:  Small  Medium  Large

ARAH DAN KOMPLEKSITAS PENDIDIKAN DI INDONESIA MENJELANG TAHUN 2001

Ki Supriyoko

Abstract


       Kiranya tidak ada yang tidak sependapat bahwa di antara pendidikan dengan teknologi telah terjalin hubung an yang bersifat timbal balik (reciprocal relationship); artinya keduanya saling mempengaruhi. Tegasnya, fenomena yang terjadi di dalam dunia pendidikan akan mempengaruhi perkembangan teknologi, sebaliknya perkembangan teknolo-gi akan berpengaruh pada dunia pendidikan. Implikasinya: perkembangan teknologi (informasi) yang ekstra cepat da-lam dua atau tiga dasawarsa terakhir ini secara langsung maupun tidak langsung telah ikut menentukan arah pendi-dikan di berbagai negara, tak terkecuali di Indonesia.

        Bahwa arah pendidikan di Indonesia juga tak dapat dilepaskan dari perkembangan teknologi kiranya memang ti dak terbantahkan; salah satu buktinya kebijakan-kebijak-an pendidikan yang tertuang dalam GBHN, peraturan maupun statement politis selalu saja mengacu pada perkembangan teknologi yang tengah berlangsung. Hal ini lebih dirasa-kan lagi manakala produk hukum dan statement politis itu sudah sampai pada tahap operasionalisasinya..lh8


Full Text: PDF