KARYA ILMIAH DOSEN STMIK AMIKOM YOGYAKARTA, 1992

Font Size:  Small  Medium  Large

UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS SIVITAS AKADEMIKA PERGURUAN TINGGI

Ki Supriyoko

Abstract


       Peraturan Pemerintah (PP) No:30/1990 secara tegas dan eksplisit menyebutkan bahwa yang dimaksudkan sivitas akademika adalah satuan yang terdiri atas dosen dan ma-hasiswa pada perguruan tinggi.  Apabila kita kaji secara cermat maka sivitas akademika inilah yang sangat menen-tukan dinamika serta kualitas perguruan tinggi; meskipun harus diakui bahwa faktor "luar", khususnya yayasan bagi PTS dan pemerintah bagi PTN, juga mempunyai peranan yang tidak kalah menentukannya.

        Sekarang ini di Indonesia terdapat sekitar 1.000 perguruan tinggi; PTN dan PTS.  Data tahun 1990/1991 me-nunjukkan jumlah PTN sebanyak 49 lembaga terdiri dari 31 universitas, 14 institut, 2 sekolah tinggi dan 2 akademi.

Sementara itu PTS di negara kita berjumlah  914 lembaga; terdiri dari 221 universitas,  51 institut,  350 sekolah tinggi, 290 akademi serta 2 politeknik. Jumlah perguruan tinggi yang relatif besar ini merupakan aset pembangunan; 

tentunya kalau kita mampu mengembangkannya. Dan, pengem-bangan perguruan tinggi itu sendiri sangatlah tergantung pada kualitas sivitas akademikanya.


Full Text: PDF