KARYA ILMIAH DOSEN STMIK AMIKOM YOGYAKARTA, Data Mining

Font Size:  Small  Medium  Large

Klasifikasi Data Mining

Kusrini, Emha Taufiq Luthfi

Abstract


Data Mining dibagi menjadi beberapa kelompok berdasarkan tugas yang dapat dilakukan, yaitu (Larose, 2005):
a. Deskripsi
Terkadang peneliti dan analis secara sederhana ingin mencoba mencari cara untuk menggambarkan pola dan kecenderungan yang terdapat dalam data. Sebagai contoh: Petugas pengumpulan suara mungkin tidak dapat menemukan keterangan atau fakta bahwa siapa yang tidak cukup professional akan sedikit didukung dalam pemilihan presiden. Deskripsi dari pola dan kecenderungan sering memberikan kemungkinan penjelasan untuk suatu pola atau kecenderungan.
b. Estimasi
Estimasi hampir sama dengan klasifikasi, kecuali variabel target estimasi lebih ke arah numerik daripada ke arah kategori. Model dibangun menggunakan record lengkap yang menyediakan nilai dari variabel target sebagai nilai prediksi. Selanjutnya pada peninjauan berikutnya, estimasi nilai dari variabel target dibuat berdasar nilai variabel prediksi. Sebagai contoh: akan dilakukan estimasi tekanan darah systolic dari pasien rumah sakit berdasarkan umur pasien, jenis kelamin, index berat badan dan level sodium darah. Hubungan antara tekanan darah systolic dan nilai variabel prediksi dalam proses pembelajaran akan menghasilkan model estimasi. Model estimasi yang dihasilkan dapat digunakan untuk kasus baru lainnya.
Contoh lain yaitu estimasi nilai indeks prestasi kumulatif mahasiswa program pascasarjana dengan melihat nilai indeks prestasi mahasiswa tersebut pada saat mengikuti program sarjana.

Full Text: PDF